Tips Budidaya Tanaman Kaktus Oleh Bong Alex Kendal

Tips Budidaya Tanaman Kaktus Oleh Bong Alex Kendal

KENDAL, 3/7 (BeritaJateng.tv) – Ribuan tanaman Kaktus dibudidayakan dan dikembangkan oleh Alex, di Desa Tamangede RT 03 RW 02 Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal.

Menurutnya, memelihara tanaman Kaktus sangatlah mudah. Apalagi tanaman Kaktus bisa hidup di luar maupun di dalam ruangan.

Perawatan tanaman kaktus relatif sederhana tetapi bukan berarti bebas perawatan. Selain itu, Kaktus juga bisa tahan panas dibawah 50 derajat.

Namun kebanyakan kaktus membutuhkan perawatan umum yang serupa, meskipun ada pengecualian pada beberapa aturannya.

“Mudah sekali cara merawatnya. Yang terpenting ada naungan, tidak langsung terkena sinar matahari. Merawat Kaktus juga tidak perlu terlalu sering disiram atau perawatan yang sulit lainnya,” terang Alex, saat ditemui di kediamannya “Taman Kaktus”, Minggu.

Sehingga selain bisa untuk mempercantik teras dan halaman rumah, Kaktus juga bisa memperindah suasana ruangan tamu.

“Tanaman Kaktus juga bisa kita letakkan di dalam ruangan sebagai koleksi atau dipadukan dengan dekorasi ruangan. Tanaman ini sangat mudah dirawat dan dipelihara,” ungkap Alex.

Dirinya mengaku, sudah 2,5 tahun merawat dan memelihara Kaktus di Tamangede. Sebelumnya ia juga sudah lakukan yang sama di Jakarta.

Dijelaskan, ada tiga sampai empat macam Kaktus yang dia pelihara, seperti Grafting, Ownroot, ada yang berduri Gymno dan yang tidak berduri jenis Astro dan Columnar.

“Yang banyak kita kembangin disini jenis Astro dengan berbagai karakter,” papar Alex atau biasa akrab disapa Bong.

Untuk harga Kaktus termurah, dirinya mengaku mematok harga Rp 10 ribu dengan minimal pembelian 50 Kaktus, kemudian untuk yang paling mahal dibanderol Rp 3 juta.

Sedangkan untuk pemasarannya, selama ini masih mengandalkan media sosial. Baik itu facebook maupun instagram.

Sementara saat ditanya terkait omset yang didapat dari penjualan Kaktus selama di Kendal, dirinya mengaku, dari tahun 2020 hingga awal tahun 2021 mendapatkan omset lebih Rp 10 miliar.

“Ya selama satu tahun 2020 hingga 2021, saya mendapatkan omset lebih dari sepuluh milliar rupiah,” ucap Alex. (Ak/El)

Leave a Reply