20 Petugas Disiapkan untuk Screening Covid-19 di Asrama Haji Donohudan

360 Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air

Semarang, 28/7 (BeritaJateng.tv) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang telah mempersiapkan petugas kesehatan yang ditempatkan di Asrama Haji Donohudan, Solo, untuk membantu melakukan screening Covid-19 jamaah haji asal Kota Semarang.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Semarang, Nugroho Edy Riyanto mengatakan pihaknya telah mengirimkan 10 hingga 20 petugas kesehatan yang ditempatkan di Asrama Haji Donohudan, Solo. Petugas ini nantinya akan melakukan pemeriksaan screening Covid-19 kepada jamaah haji yang tiba di tanah air.

“Petugas kita sudah sejak kemarin siap di sana karena di kloter 15 ada 18 jamaah asal Semarang sehingga memang sudah standby sejak semalam,” katanya.

Nugroho mengatakan nantinya petugas kesehatan dari Dinkes yang dibantu petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan melakukan swab antigen kepada jamaah yang baru tiba.

Jika ditemukan hasil positif saat swab antigen, maka jamaah tersebut akan langsung ditangani Dinkes Kota Semarang untuk langsung dilakukan swab PCR.

“Kalau nanti di PCR masih tetap positif maka akan langsung kami bawa ke Rumah Dinas (Rumdin) untuk menjalani karantina, tapi ya harapannya negatif semua,” bebernya.

Sementara Rumdin sendiri, lanjutnya, sejauh ini selalu siap menerima pasien Covid-19 baik yang pulang dari berhaji maupun masyarakat umum untuk menjalani karantina. Ia menyebut setiap harinya ada satu orang dokter, enam perawat, enam orang cleaning service dan satu orang driver ambulans.

“Rumdin selalu stand by bahkan saat ini sedang ada satu orang pasien yang sedang isolasi di sana,” pungkasnya. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.