Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Demak Langganan Rob Tahunan, KKP RI Garap Proyek Revitalisasi, Luasnya Capai 29,7 Juta Hektare

×

Demak Langganan Rob Tahunan, KKP RI Garap Proyek Revitalisasi, Luasnya Capai 29,7 Juta Hektare

Sebarkan artikel ini
Laut Demak
Menteri KKP RI saat ditemui di Hotel Padma, Kota Semarang, Kamis, 25 April 2024. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menjadi pilot project Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI sebagai kawasan berbasis pengelolaan hasil sedimentasi laut berkelanjutan.

Tak hanya itu, revitalisasi di Desa Morodemak, Demak, juga akan menjadi proyek yang akan KKP RI garap ke depannya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal itu terungkap oleh Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono, usai menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Hotel Padma, Kota Semarang, Kamis, 25 April 2024 sore.

Terpilihnya Desa Morodemak, Kabupaten Demak, pun bukan tanpa alasan. Wahyu mengungkap, Demak selalu menjadi langganan rob setiap tahunnya akibat sedimentasi.

Sehingga, lanjut Wahyu, penting untuk wilayah tersebut ditanami pohon mangrove sebagai langkah revitalisasi.

BACA JUGA: Video Pengerjaan Tanggul Sungai Wulan Demak Capai 25 Persen

Menurut keterangannya, sedimentasi terjadi akibat limbah lumpur dari daratan menuju ke muara laut. Menurutnya, hal itu pun akan terus terjadi sebab arus laut di Indonesia cukup kuat.

“Arus di wilayah kita kuat, arusnya dari pasifik. Dari daerah timur terus naik karena memang kita adalah bagian dari tempat yang sangat strategis, tapi di sisi lain terjadi sedimentasi terus-menerus,” paparnya.

Tinggalkan Balasan