Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Intip Serunya SMAN 14 Semarang Belajar Sejarah dengan Lebih Menyenangkan

×

Intip Serunya SMAN 14 Semarang Belajar Sejarah dengan Lebih Menyenangkan

Sebarkan artikel ini
Siswa kelas 10 SMAN 14 Semarang
Siswa kelas 10 SMAN 14 Semarang saat belajar sejarah di luar kelas, tepatnya di Candi Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, beberapa waktu yang lalu. (Dokumentasi Pribadi)

“Anak-anak jadi lebih bisa melihat obyeknya secara langsung, dan itu lebih efektif, mereka bisa mengenal langsung, daripada hanya melalui gambar di buku,” imbuh salah satu pendiri Sinau Cagar Budaya (Sigarda) itu.

Tumbuhkan rasa keingintauan anak

Lebih jelas, Ika menilai jika sejarah, meski terjadi di masa lampau, memiliki peran penting bagi kemajuan suatu negara. Mulai dari mengenal identitas diri, bangsa, hingga pembentukan karakter generasi muda.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Oleh karenanya, sebagai seorang guru, sekolah menengah atas (SMA) menjadi awal bagi siswa untuk menumbuhkan rasa keingintauan dan kecintaan mereka terhadap sejarah bangsanya sendiri.

“Materi kelas 10 dan kelas 11 itu terkait perkembangan Hindu-Budha, Islam, dan Kolonial, sementara banyak sekali peninggalan yang bisa mereka pelajari,” katanya.

BACA JUGA: Sambut Bulan Suci Ramadhan 2024, Ratusan Santri di Blora Ikuti Pawai Ta’aruf

Ia pun berharap, dengan memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan, generasi muda khususnya siswa SMAN 14 Semarang tak mudah melupakan sejarah.

“Karena bagaimanapun juga kita tinggal di lingkungan yang memiliki berbagai objek sejarah, itu saya tanamkan supaya mereka punya kepedulian dengan mengamati dan mengenal langsung di lapangan,” tandasnya. (*)

Editor: Farah Nazila

Tinggalkan Balasan