Setahun Menjabat, Bupati Blora Luncurkan Blora Command Center

BLORA, 1/3 (BeritaJateng.tv) – Bupati Blora Arief Rohman meluncurkan Blora Command Center, acara tersebut bertepatan dengan satu tahunya kepemimpinan Bupati Blora Arief Rohman dan wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati.

Hal ini sebagai wujud komitmen Bupati untuk mewujudkan transformasi digital di Kabupaten Blora, agar Blora menjadi lebih maju, baik dari penyelenggaran pemerintahan hingga masyarakatnya. Salah satunya, dengan di-luncurkanya Blora Command Center.

“Command center hari ini kita launching, walaupun masih perlu banyak penyempurnaan tentunya kita berharap ini akan membawa perubahan terkait dengan Blora digital dan lainnya,” ungkap Bupati.

Pihaknya menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan dan sinergitas semua pihak, sehingga Command Center di Kabupaten Blora ini dapat terwujud.

“Terimakasih kepada seluruh jajaran, Pak Sekda beserta seluruh jajaran, Kadiskominfo dan semua pihak yang sudah bersinergi dengan kami. Dari Pemkab Sumedang, Telkom University, Telkom Semarang dari berbagai pihak yang ikut mensukseskan program ini kami ucapkan terimakasih,” terang Bupati.

Acara laounching ditandai dengan menekan screen bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati.

Melalui command center ini, lanjut Bupati, nantinya seluruh informasi, sajian data terpadu, yang diperlukan untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada di Kabupaten Blora bisa diakses dengan mudah.

Sehingga nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan yang tepat.

Bupati Arief menyampaikan, dalam satu tahun kepemimpinannya sudah banyak capaian yang telah berhasil dicapai, meski demikian kedepan masih banyak yang perlu untuk dilakukan perbaikan agar Blora semakin maju.

“Alhamdulillah pagi yang berbahagia ini tepat 26 Februari setahun lalu kami berdua dilantik, dan kita Alhamdulillah dalam setahun ini banyak capaian yang sudah kita capai dan tentunya harus masih banyak perbaikan kedepan. Pembangunan masih akan kota lanjutkan,” tambahnya.

Kepala Dinkominfo Blora, Pratikto Nugroho S.Sos, MM, menjelaskan bahwa Command Center ini merupakan salah satu bentuk komitmen serius Pemkab Blora dalam mewujudkan transformasi digital.

“Satu niat kami pada hari ini ingin mempersembahkan untuk satu tahun kepemimpinan Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati dengan launching command center harapan kita bersama ada satu niatan kita hal yang baru di Kabupaten Blora terkait dengan transformasi digital,” ungkap Kadinkominfo.

Dijelaskannya, bahwa dalam Dashboard Command Center yang telah dilaunching ini dapat menampilkan 10 item.

Termasuk salah satunya adalah fitur analisis Media Sosial, yang memungkinkan untuk Bupati dan Wakil Bupati mengetahui dan menyerap aspirasi masyarakat Blora di media sosial.

“Hari ini kami sudah dapat menampilkan sepuluh item termasuk kaitannya dengan analisis data medsos, kita bisa melihat perkembangan situasi hal-hal yang tren pada hari ini, yang disampaikan oleh warga masyarakat Blora baik melalui facebook instagram dan sebagainya yang kita bisa analisis kita lihat dengan data digitalnya,” tambahnya.

Praktikto menambahkan, kedepan Command Center ini akan terus disempurnakan, sehingga dapat semakin efektif digunakan.

“Kedepannya lagi kita akan lebih intens untuk menyempurnakan apa yang kita miliki Command Center ini sehingga dapat berkembang dan betul-betul mewujudkan masyarakat yang digital,” lanjutnya.

Kadinkominfo Blora menyampaikan bahwa Blora Command Center ini dapat terwujud dengan dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari Pemkab Sumedang hingga berbagai pihak lainnya.

“Kami sangat dibantu, kami laporkan bahwa sesuai dengan apa yang sudah dilakukan Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati untuk membangun sinergitas dengan Bupati Sumedang,” jelas Pratikto.

“Kemudian Bapak bupati dan Wakil Bupati sudah MoU dengan Telkom university, kemudian dengan Telkom Semarang yang ini kami tindaklanjuti dengan sinergitas ini kami cukup dibantu oleh beliau beliau,” sambungnya.

Dijelaskannya, Blora mendapatkan hibah terkait dengan sistem aplikasi yang sekarang sudah bisa kita tampilkan dalam dashboard kita termasuk e-office dan lain sebagainya sehingga mempermudah kita dalam melaksanakan kinerja. Juga adanya transfer knowledge bagi Pemkab Blora untuk mewujdukan masyarakat Blora yang digital.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan kualitas SDM Blora, sebanyak 5000 orang akan diberikan pelatihan pada tahun ini dibidang TI. Kemudian, pengembangan jaringan Telkom di Blora diharapkan juga akan terwujud pada tahun 2023.

Sebagai informasi, sebelum launching dilakukan, Bupati Blora dan Wakil Bupati Blora melakukan senam bersama dengan Dandim Blora, Wakapolres Blora, Forkopimda Blora, dan perwakilan dari setiap OPD.

Pada kesempatan tersebut Bupati, Wakil Bupati, dan Forkopimda juga menyerahkan bantuan berupa penyerahan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan, dan penyerahan bantuan manfaat beasiswa untuk ahli waris.

Adapun penyerahan santunan jaminan kematian senilai 42 Juta rupiah diberikan kepada Ahli Waris Alm Roni Kristiyanto pegawai Setda Kabupaten Blora, dan Almh. Sri Untari pegawai PKU Muhammadiyah Blora.

Lalu, beasiswa untuk anak pertama dan anak kedua Almh. Sri Untari. Selanjutnya, penyerahan santunan meninggal kecelakaan kerja kepada ahli waris dari Almh Iis Ernawati yang dulu bekerja di SMK Negeri 1 Kunduran.

Kemudian, Bupati, Wakil Bupati, dan Forkopimda menyerahkan bantuan sembako dan santunan kepada masyarakat kurang mampu dan lansia. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.