10 Atlet Renang Para Games (APG) XI 2022 Terpapar Covid-19

Kepala Dinkes Kota Semarang, M. Abdul Hakam.

Semarang, 1/8 (BeritaKJateng.tv) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang menemukan beberapa atlet cabang renang Para Games (APG) XI 2022 terpapar covid-19. Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam saat ditemui di kantornya, Senin (1/8/2022).

Penemuan kasus itu, didapati oleh pihaknya dari hasil pengecekan swab antigen yang dilakukan kepada para atlet.

“Kebetulan di Kota Semarang ada atlet cabang olahraga renang ada di Jatidiri ada beberapa atlit yang memang, saat dilakukan swab antigen ada yang positif,” kata Hakam.

Dia menambahkan, dari hasil swab yang dilakukan, menemukan beberapa atlet yang terpapar covid 19. Meski terpapar, lanjut hakam, para atlet tersebut tidak mengalami gejala. “Kurang lebih ada kurang 10an, tapi mereka tanpa gejala,” ujarnya.

Setelah terdeteksi covid-19 kata Hakam, para atlet harus melakukan karantina di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Semarang. Dia menyampaikan setelah para atlet melakukan karantina baru bisa kembali berlaga di Para Games (APG) XI 2022.

“Kalau positif tidak bisa bertanding karena melanggar peraturan, sampai menunggu 5 hari dia, negatif setelah itu dia bisa melakukan kegiatan lagi,” jelasnya.

Saat ditanyai terkait Atlet mana yang terpapar covid, Kepala DKK Semarang hanya menyebutkan atlet beberapa negara saja, tapi enggan menyebutkan secara pasti asal atlet yang terpapar covid.

“Kalau di Semarang renang, ada dibeberapa negara, ini kan ASEAN,” ucapnya.

Sementara, Pesta olahraga bertaraf Internasional bagi difabel, ASEAN cabang olahraga renang yang diselenggarakan di Stadion Jatidiri, Kota Semarang. Hakam menyampaikan menerjukan 2 tim kesehatan untuk memantau kesehatan para atlet.

“Karena jumlahnya tidak seperti di Solo , kita terjunkan 2 tim, satu tim 3 orang menerjunkan 2 tim cukup,” pungkasnya. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.