Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlinePolitik

Bursa Pilwakot 2024, Ini Kandidat Potensial Bakal Calon Walikota Semarang Menurut Pengamat

×

Bursa Pilwakot 2024, Ini Kandidat Potensial Bakal Calon Walikota Semarang Menurut Pengamat

Sebarkan artikel ini
Bursa Pilwakot 2024, Ini Kandidat Potensial Bakal Calon Walikota Semarang Menurut Pengamat
Kandidat bakal calon Walikota Semarang di Bursa Pilwakot 2024. (Doc. Beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Dr. M Kholidul Adib menyebut ada beberapa kandidat potensial yang bakal maju dalam bursa Pemilihan Walikota (Pilwakot) Semarang 2024.

Meski Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat ini berniat untuk pensiun daan mundur dari kontestasi politik di Pilwakot 2024 mendatang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Namun, bukan berarti Mbak Ita, sapaannya menolak tawaran dari Ketua Umum PDI Perjuangan, jika memintanya tetap maju dalam bursa Pilwakot Semarang 2024.

Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita)

Sehingga, nama Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) masih menjadi kandidat bakal calon Walikota Semarang.

Adib menjelaskan sebagai walikota yang sedang menjabat saat ini, tentu kinerja dan pengaruhnya samgat terasa.

Belum lagi pengalaman kerja Mbak Ita baik di bidang keuangan atau di bidang sosial sudah lama dilakukan bersama sang suami yang saat ini masih menjadi anggota DPRD Jateng, Alwin Basri.

Sebelumnya pun Mbak Ita sudah dua periode mendampingi Hendrar Prihadi sebagai Wakil Walikota. Tentu semua pengalamannya tersebut membuatnya cukup dipercaya masyarakat.

“Mbak Ita sebagai Walikota Semarang selama ini dikenal kinerjanya juga cukup baik dan dikenal oleh masyarakat. Dia punya peluang untuk kembali maju sebagai calon walikota Semarang,” ujar Adib, Minggu 3 Maret 2024.

Iswar Aminuddin

Selain nama Mbak Ita, ada pula nama Iswar Aminuddin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang yang masuk dalam Bursa Pilwakot 2024.

Sosok sekretaris daerah yang mulai dari bawah memang memiliki potensi besar mengambil hati masyarakat asal kinerjanya baik. Hal inilah yang menurut Adib membuat nama Iswar Aminuddin masuk dalam radar.

Apalagi Iswar dikenal masyarakat sebagai sosok birokrat yang kerap turun ke lapangan untuk menyelesaikan berbagai persoalan. Seperti banjir, perbaikan jalan, perbaikan saluran air, dan kegiatan sosial bersama Ormas, OKP, atau pengusaha.

Sosok Iswar dianggap Adib sebagai orang yang paham dengan kondisi geografis Kota Semarang. Sehingga masyarakat percaya di tangan Iswar percepatan pembangunan infrastruktur Kota bisa terealisasi.

“Untuk Pak Iswar sebagai Sekda dan berpengalaman di Dinas Bina Marga serta DPU. Tentu beliau punya pengalaman birokrasi dan tata kota yang sudah matang juga dekat dengan berbagai kalangan baik pengusaha maupun ormas,” jelas Adib.

Menurutnya, berdasarkan perhitungan hasil survei Aksara Research and Conculting, terdapat lima kandidat potensial bakal calon Walikota Semarang 2024. Dan, Iswar Aminuddin menepati posisi kedua setelah nama Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Alamsyah Satyanegara (Yoyok) Sukawijaya

Selanjutnya, kata Adib, ada nama CEO PSIS Semarang yang juga Anggota DPR RI, Yoyok Sukawi.

Masyarakat Kota Semarang dikenal sangat loyal dengan klub sepak bola kebanggaannya yaitu PSIS Semarang.

Kondisi ini jelas membuat CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi sangat dekat dengan masyarakat terutama Snex dan Panser, dua kelompok utama suporter PSIS.

Yoyok sendiri, menurut Adib, sangat populer di kalangan milenial dan Gen Z sebagai basis penggemar sepak bola Semarang.

Tinggalkan Balasan