Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Dengar Langsung Keluhan Rakyat, Ganjar Pranowo Rumuskan Program Tepat Guna untuk Kemaslahatan Warga

×

Dengar Langsung Keluhan Rakyat, Ganjar Pranowo Rumuskan Program Tepat Guna untuk Kemaslahatan Warga

Sebarkan artikel ini
Kaesang Gubernur Jawa Tengah | Ganjar Warga
Capres RI, Ganjar Pranowo, usai menyapa warga di Wonosobo, Jawa Tengah, Senin, 18 Desember 2023. (ant)

SEMARANG, beritajateng.tv – Kisah Ganjar menginap di rumah warga bukanlah cerita satu hari belaka. Hari di mana hampir semua kita fasih bicara tentang politik, entah benar entah tidak, tentang pemilihan presiden, bertengkar di banyak grup percakapan membela jagoan masing-masing, dan tentang sekian kemungkinan pemenang yang dihitung oleh lembaga survei, atau ramalan sekian tukang nujum di musim politik. Menginap di rumah warga itu sudah Ganjar lakukan jauh sebelum keriuhan Pemilu Presiden.

Semenjak menjadi gubernur Jawa Tengah tahun 2013, Ganjar telah rajin berkeliling, dari desa ke desa, kampung ke kampung, dan memilih rumah warga sebagai tempat bermalam.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Saat menjadi gubernur itu, Ganjar memaksa diri agar setiap Rabu dan Kamis dalam sepekan pergi berkeliling, makan bersama, lalu menginap di rumah warga.

Demikianlah yang terjadi di rumah Susilo tiga hari yang lalu. Saat Ganjar menjadi gubernur, warga juga selalu riuh menyambut. Mereka duduk di tikar bersama Ganjar, bercerita, curhat, membanyol, dan berkelakar bersama.

Dari obrolan penuh gayeng itulah Ganjar merekam sekian soal, kesulitan rakyat, merumuskan jalan kebijakan, dan langsung eksekusi.

“Mereka perlu dibantu urus sertifikat tanah. Bantu sekolahin anak, bantu urus keluarga yang sakit,” ujar Ganjar, Rabu, 7 Maret 2018 silam.

BACA JUGA: Turun Membersamai Rakyat, Begini Kisah Ganjar Pranowo Turut Tidur di Rumah Warga

Selain mendirikan sekolah dan asrama gratis, Ganjar juga merintis program rumah layak huni, beli tanah dapat rumah, rumah dengan uang muka nol persen, asuransi untuk orang-orang kecil, serta sekian program yang ia rintis sebagai jalan keluar dari sekian keluhan yang ia dengar dari obrolan keliling sebelum terlelap.

Sepuluh tahun mempimpin Jawa Tengah, Ganjar telah membangun lebih dari satu juta rumah layak huni. Tepatnya: 1.041.894 rumah. Itu belum termasuk rumah-rumah reyot atau doyong yang Pemda Jawa Tengah renovasi, yang mana membuat pemiliknya menangis penuh gembira.

Pada Selasa, 14 April 2022, seorang warga asal Kebonombo Semarang meledak tangisnya ketika Ganjar berkunjung ke rumahnya. Ia sendiri sehari-hari hidup dari menjual cilok.

Sambil menangis ia terus memeluk Ganjar. Rumah warisan ayah-ibunya itu sudah hampir menyerah. Berdinding kayu lapuk dan berlantai tanah, rumah milik Junaidi itu adalah satu dari ribuan rumah yang Ganjar renovasi selama menjadi gubernur.

Kisah Ganjar sambangi rumah warga lainnya

Pada masa menjadi gubernur Jawa Tengah itu, Ganjar juga rajin menyambangi sejumlah daerah di Indonesia. Durasi perjalanannya kian sering setelah resmi menjadi calon presiden 2024.

Tinggalkan Balasan