Scroll Untuk Baca Artikel
NasionalNews Update

Hari Pers Nasional, IDI Kenang Dr Abdoel Rivai sebagai Dokter Perintis Pers Indonesia

×

Hari Pers Nasional, IDI Kenang Dr Abdoel Rivai sebagai Dokter Perintis Pers Indonesia

Sebarkan artikel ini

Dokter Abdoel Rivai merupakan orang Indonesia pertama yang menerbitkan surat kabar berbahasa Melayu di Eropa, yaitu koran berkala Pewarta Wolanda yang diterbitkan dari Amsterdam, Belanda, pada tahun 1900.

Dr Abdoel Rivai. (Humas PB IDI)

Kiprah Dokter Abdoel Rivai sebagai jurnalis diantaranya: Redaktur surat kabar Bandera Wolanda, terbitan Batavia (1901).Pemimpin redaksi surat kabar Bintang Hindia, terbitan Batavia (1902), Redaktur dan koresponden surat kabar Bintang Timoer.

Dokter Abdoel Rivai juga menulis buku terjemahan “Pengadjaran Perihal Melakukan Kewadjiban Orang Beristeri” (1892) dan buku “Student Indonesia di Eropa” yang merupakan hasil reportasenya selama berkunjung ke Eropa dan melihat dari dekat perjuangan mahasiswa Indonesia di Belanda pada masa kolonial.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Atas kiprahnya dalam dunia Pers tersebut,maka Dokter Abdoel Rivai oleh pemerintah RI dianugerahi gelar sebagai  Perintis Pers Indonesia  pada tahun 1974.

“dr Abdoel Rivai telah memberikan teladan kepada kita bahwa seorang dokter tidak hanya berkiprah sebagai agent of treatment semata tetapi juga sebagai agent of change dan agent of development dalam dunia pers dan jurnalistik,” tutup dr Adib Khumaidi, SpOT. (*)

Editor: Ricky Fitriyanto

Tinggalkan Balasan