Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Keberatan MNC Group Siarkan Debat Capres Ketiga, Cak Imin: Ini Menyangkut Independensi

×

Keberatan MNC Group Siarkan Debat Capres Ketiga, Cak Imin: Ini Menyangkut Independensi

Sebarkan artikel ini
MNC Group
Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar, menjumpai warga kampung nelayan di Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa, 2 Januari 2024. (ant)

“Kami berharap MNC dapat membuktikan bahwa mereka benar-benar independen dalam menjalankan tugasnya. Jika tidak mampu membuktikan hal tersebut, maka protes yang kami sampaikan harus KPU perhatikan,” tegas Cak Imin.

“Oleh karena itu, penting bagi semua stasiun televisi untuk menjaga independensinya,” imbuhnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

TKN Prabowo-Gibran juga keberatan MNC Group siarkan debat Capres ketiga

Sebelumnya, Fahri Hamzah, Wakil Komandan Bravo bidang komunikasi dari TKN Prabowo-Gibran, juga mengungkapkan keberatannya. Ia menganggap peran MNC sebagai penyelenggara media pada debat ketiga berpotensi konflik kepentingan.

Fahri Hamzah menyoroti bahwa penyelenggaraan debat yang penyiarnya ialah media yang berafiliasi dengan partai politik atau paslon tertentu dapat menimbulkan bias dalam pelaksanaannya.

“Saya telah memperingatkan mengenai potensi conflict of interest dalam industri media di Indonesia yang terkait dengan kendali oleh partai politik. Baik secara langsung maupun tidak langsung,” ungkap Fahri Hamzah, Minggu, 31 Desember 2023.

BACA JUGA: TKN Prabowo-Gibran Tolak MNC Group Siarkan Debat Ketiga, Hary Tanoe: Saya Tidak Ngikutin, Tanya KPU

“Jika pasangan calon nomor urut 02 merasa ada keanehan dalam penyelenggaraan debat yang dikuasai oleh satu konglomerasi media, maka itu perlu diperhatikan,” lanjutnya.

Adapun debat ketiga akan berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2023. Debat ketiga ini berfokus pada tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. MNC Group beroleh kepercayaan sebagai lembaga penyiar yang akan menyiarkan debat tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan