Scroll Untuk Baca Artikel
NasionalNews Update

Kronologi Transmisi Omicron di Indonesia Terungkap, Penderita Sempat Kunjungi SCBD

×

Kronologi Transmisi Omicron di Indonesia Terungkap, Penderita Sempat Kunjungi SCBD

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi (United Nations)

JAKARTA, 28/12 (beritajateng.tv) – Kronologi kasus transmisi lokal Covid-19 varian Omicron pertama di Indonesia terungkap. Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan transmisi lokal tersebut terjadi di Jakarta pada 6-19 Desember 2021.

Dia merinci, pada 6 Desember 2021 mereka tiba di Jakarta dengan pemeriksaan awal rapid antigen negatif. “Pasien Omicron yang diketahui seorang pria usia 37 tahun itu tiba di Jakarta bersama istri dari Medan, lalu tinggal sementara di Jakarta mulai 6-19 Desember 2021,” kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (28/12/2021).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berdasarkan riwayat perjalanan pasien, lanjutnya, pada 17 Desember 2021 yang bersangkutan mengunjungi restoran di Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta.

Pada 19 Desember 2021, yang bersangkutan menjalani pemeriksaan antigen terkait keperluan perjalanan pulang ke Medan dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga dilanjutkan dengan pemeriksaan tes cepat PCR pada 20 Desember 2021.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Ditjen P2P Kemenkes itu mengatakan hasil tes PCR menyatakan yang bersangkutan positif Covid-19, sementara sang istri negatif.

“Pemeriksaannya saat itu tidak melalui S-gene Target Failure (SGTF) tetapi PCR langsung. Yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan SGTF, kemudian hasilnya positif dan dilakukan pemeriksaan lanjutan Whole Genome Sequencing (WGS),” katanya.

Tinggalkan Balasan