Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

Begini Dampak Terjadinya Gerhana Matahari Total Menjelang Idul Fitri 2024

×

Begini Dampak Terjadinya Gerhana Matahari Total Menjelang Idul Fitri 2024

Sebarkan artikel ini
Gerhana matahari
Akan terjadi gerhana matahari total menjelang Idul Fitri. (Foto: Freepik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Dua gerhana akan terjadi pada bulan Ramadan tahun ini, 1445 H / 2024 M. Gerhana tersebut adalah Gerhana Bulan Penumbra pada 24-25 Maret 2024 dan Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024 atau menjelang Idul Fitri.

Dugaan munculnya gerhana matahari total tersebut akan memengaruhi umat Islam. Meskipun begitu, Farahhati Mumtahana, seorang peneliti dari Pusat Riset Antariksa BRIN, menyatakan bahwa fenomena gerhana selama bulan Ramadan tidak akan bisa terlihat di Indonesia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

NASA mengungkap bahwa Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 8 April mendatang dan terlihat dari beberapa bagian Bumi. Seperti halnya Amerika Utara, Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

BACA JUGA: Ingin Hari Raya Semakin Bermakna? Amalkan 8 Sunnah Idul Fitri Ini!

Lebih dari 31 juta orang di Amerika Utara diharapkan dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total tersebut, dengan sekitar 10 juta orang tinggal di 10 kota besar di antaranya. Di wilayah lain di dunia, Gerhana tersebut kemungkinan akan tampak sebagai Gerhana Sebagian.

Dampak Gerhana Matahari Total Menjelang Idul Fitri

Menurut Asosiasi Astronomi Uni Emirat Arab (UAE), Gerhana Matahari yang terjadi pada 8 April, menjelang Idul Fitri. Adanya fenomena tersebut berpotensi memengaruhi penampakan hilal bulan sabit sebagai penanda awal bulan Syawal.

Tinggalkan Balasan