LMDH Gelar Pelatihan Penguatan Kelembagaan di Blora

LMDH Gelar Pelatihan Penguatan Kelembagaan di Blora

BLORA, 13/7 (BeritaJateng.tv) – Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Langen Jati desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mulai Senin (11/7/2022) kemarin, menggelar pelatihan penguatan kelembagaan bagi pengurus dan anggota di hotel Grand Mega Cepu.

Pelatihan yang diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari para pengurus dan anggota LMDH Langen Jati dan pelaksanaanya selama dua hari 11-12 Juli 2022.

Ketua LMDH Langen Jati, Sutamsu mengatakan pelatihan ini bertujuan agar para pengurus LMDH mempunyai kemampuan dan bisa tertanam jiwa kewirausahaan yang tinggi.

“Harapan saya agar kedepan dapat lebih maju dan mempunyai usaha produktif yang bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa hutan,” kata Sutamsu, Selasa (12/7/2022).

Ditambahkan Sutamsu, ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan ketrampilan kepada pengurus dan anggota agar lebih handal dan mempunyai kemampuan dalam mengelola organisasi.

Acara di buka langsung oleh Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung Lukaman Jayadi.

Acara dihadiri Kepala Desa Tanggel Sumaryanto dan para nara sumber diantaranya Pakar kewirausahaan kehutanan Yahya Amin,S.Hut. Msi, Motivator Organisasi Ahmad S Ahid S.Psi S.Pd I M.Psi,

Pada kesempatan tersebut Lukman Jayadi menyampaikan apresiasi kepada LMDH Langen Jati desa tanggel atas inisiatifnya melaksanakan pelatihan.

“Semoga hasil dari pelatihan ini akan membawa LMDH lebih maju dan lebih mandiri, “ ungkap Lukman Jayadi.

Adapun materi dalam pelatihan penguatan kelembagaan tersebut meliputi Managemen organisasi, Usaha produktif dalam kawasan hutan, Legalitas penggunaan kawasan hutan, Managemen koperasi, managemen Keuangan.

Materi disampaikan oleh para nara sumber dari Perhutani, Bank Jateng, Dinas Kehutanan Provinsi, dan Dindakop UMKM serta pakar kewirausahaan,

Surati (42) salah satu pengurus merasa senang bisa mengikuti pelatihan ini dan berharap dengan adanya pelatihan ini bisa membawa anggota dan pengurus LMHD Langen Jati lebih mandiri.

“Pengetahuan yang kami dapat dari pelatihan ini akan menjadikan bekal dalam mengelola dan mengembangkan organisasi” Ujar Surati. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.