SD Negeri Dekat Disdik Blora Hanya Dapat 5 Murid

SD Negeri yang Berlokasi Dekat Disdik Blora Hanya Mendapat 5 Murid

BLORA, 5/7 (BeritaJateng.tv) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar (SD) di Blora telah ditutup sejak Selasa (28/6/2021) lalu, namun masih ada SD Negeri yang kekurangan murid.

Seperti yang dialami SDN 1 Karangjati, Kecamatan/Kabupaten Blora ini hanya mendapatakan 5 orang murid, itupun ada yang tidak berdasarkan zonasi.

Ironisnya sekolah tersebut berada ditengah kota, sebelah utaranya kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Blora dan satu satunya SD Negeri yang bangunanya bertingkat.

Bahkan sekolah ini adalah SD Negeri pertama kali berdiri saat ada instruksi Presiden (Inpres) 1980 an.

“Tahun ini hanya dapat 5 murid, sementara kelas VI yang lulus ada 14, jadi kita minus 9 lagi tahun ini,” kata Sugiyarti, Kepala Sekolah SDN Karangjati 1, Selasa (5/7/2022).

Menurutnya dengan adanya sistem zonasi serta pembatasan rombongan belajar (Rombel) SDN Karangjati 1 ini, sejak tahun 2019 sampai sekarang muridnya semakin berkurang.

Ditambahkan Sugiyarti, ada beberapa faktor yang menyebabkan sekolahnya kekurangan murid. Menurutnya faktor yang pertama karena program keluarga berencana (KB) berhasil. Yang kedua animo masyarakat , karena orang tua sekarang cenderung meyekolahkan anaknya yang mengarah ke sekolah religi. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.