Scroll Untuk Baca Artikel
Ekbis

Kisah Pedagang Bingkai di Kota Semarang, Setengah Abad Lebih Jual Foto Presiden, Dari Soekarno hingga Kelak Prabowo

×

Kisah Pedagang Bingkai di Kota Semarang, Setengah Abad Lebih Jual Foto Presiden, Dari Soekarno hingga Kelak Prabowo

Sebarkan artikel ini
Foto Presiden
Yatiman menunjukkan foto Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, yang konon dicetak tahun 1960. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Momen pergantian Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian pihak, tak terkecuali para pedagang Anda mencari bingkai foto – Beritajateng.tv.

Yatiman, pemilik toko bingkai Kios Mutu, misalnya. Ia telah puluhan tahun menjual bingkai foto presiden dan wakil presiden.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Tepatnya, ia mulai berjualan di tokonya yang terletak di Jalan Bubakan, Kompleks Pertokoan Bubakan Baru, Purwodinatan, Semarang Tengah itu sejak tahun 1970 silam.

Bisa dibilang, Yatiman telah melewati semua pergantian kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Dari Presiden pertama Ir. Soekarno hingga yang terbaru, Prabowo Subianto.

Bahkan, jejak penjualan foto presiden pertama Indonesia masih tersisa di kiosnya. Yaitu, foto Soekarno yang konon dicetak pada tahun 1960.

“Dengan idzin No. 10/SW/11/60. Copyright Dilarang Mereproduksi,” tulis keterangan yang tertulis di pojok foto itu.

BACA JUGA: MK Resmikan Pemenang Pilpres, Pedagang Bingkai di Semarang Tunggu Kiriman Foto Prabowo-Gibran

Meski berusia puluhan tahun dan terdapat beberapa noda, foto tersebut masih tampak utuh. Menampilkan setengah badan Soekarno yang tampak gagah berdiri.

Berbeda dari foto presiden saat ini yang telah berwarna, foto Soekarno itu masih memiliki format hitam putih, menambah kesan jadul dan lawas.

Selain foto Soekarno, Yatiman juga memiliki berbagai foto lawas presiden lain, seperti Soeharto, Gus Dur, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan