Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

Sandi Ungkap Kebakaran Savana Bromo Berdampak Besar, Okupansi Hotel Drop

×

Sandi Ungkap Kebakaran Savana Bromo Berdampak Besar, Okupansi Hotel Drop

Sebarkan artikel ini
kebakaran bromo
BB TNBTS, TNI, Polri, relawan, dll masih berada di lokasi kejadian untuk melaksanakan pemadaman lanjutan, Senin, 11 September 2023. (Foto: Instagram/@bbtnbromotenggersemeru)
Dengan demikian, menurutnya, akan tercapai sektor pariwisata yang berkelanjutan. Ia juga berharap pihak yang menyebabkan terjadinya kebakaran tersebut mendapatkan sanksi hukum agar ada efek jera ke depannya.
“Hukum harus mampu memberikan keadilan karena banyak yang terdampak, terutama pelaku ekonomi,” katanya.
Selain itu, menurut Sandi, juga perlu adanya evaluasi menyeluruh agar wisata berbasis alam tetap mengacu CHSE (kebersihan, kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan).
Kebakaran savana Bromo sendiri terjadi akibat ulah pasangan prewedding yang berfoto menggunakan flare pada kawasan tersebut. Flare yang jatuh membakar ilalang kering hingga kebakaran meluas. Pihak penggagas foto prewedding tersebut kini menjadi tersangka atas perbuatan tersebut.
Sementara itu, terkait dengan target pergerakan wisatawan pada tahun 2023 ini diharapkan bisa mencapai 1,2-1,4 miliar pergerakan. Angka ini mengalami kenaikan daripaa tahun 2022 yakni 700 juta pergerakan wisatawan.
“Akhir Juni lalu masih di kisaran 400-500 juta pergerakan. Harapannya ada dorongan pada libur Natal dan Tahun Baru agar mencapai target,” katanya. (ant)

Tinggalkan Balasan